Info Terbaru

Yuan dan Dollar

By Unknown - Sunday 4 October 2015 No Comments
Pasti sudah banyak yang sering denger gosip kalau Yuan ( mata uang china ) bakal dijadiin sebagai mata uang utama dunia buat menggantikan USD .



Seperti yang sudah kita ketahui sampai saat ini bahwa USD merupakan satu-satunya mata uang global. Sehingga mengakibatkan nilai dollar yang terus menguat dan melemahkan mata uang Negara lainnya karena setiap Negara melakukan pembayaran hutang mereka dalam bentuk USD.
Oktober nanti , IMF dikabarkan akan meresmikan Yuan menjadi salah satu mata uang utama dunia. Jika hal itu terjadi , maka semua pihak akan melepas dollar mereka dan menggantinya dengan Yuan China. Dengan demikian , maka harga Dollar akan melemah dan Yuan akan menjadi menguat.
IMF juga pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka merencanakan untuk menjadikan Yuan sebagai salah satu mata uang utama dunia.

Dari tahun 1985 sampai 2008, jumlah ekspor AS ke China setara dengan sepertiga ekspor Cina ke Amerika Serikat. Dan pertumbuhan ekonomi China menjadi rendah karena Yuan hampir tidak berharga. Akan tetapi saat ini , China saat ini menjadi Negara eksportir terbesar , sehingga Negara-negara lain mengejar bantuan China.Sehingga sekarang ini  China merupakan Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar melebihi Amerika Serikat. Bahkan hutang Amerika ke China saat ini diperkirakan mencapai 1,3 trilliun dollar.

Dolar memang sudah puluhan tahun digunakan sebagai mata uang transaksi dunia, karena cadangan AS yang sangat besar. Dengan dominasi ini, AS bisa mencetak uang seberapapun banyaknya.Saat ini  China datang sebagai kekuatan ekonomi besar, bahkan AS sendiri berhutang ke China. Dengan kekuataan ekonomi sebesar itu, sudah pasti China ingin menggantikan posisi dolar dengan Yuan sebagai mata uang perdagangan dunia.
Yuan China secara tidak resmi sudah banyak di pergunakan di dunia. Kanada, Jerman, Hongkong, Brazil, Australia berdagang dengan China menggunakan Yuan, bukan dolar Amerika
Ketika IMF nantinya mengumumkan bahwa China resmi menjadi world currency reserve. Triliunan dolar AS dalam sekejap berpindah ke China. Nilai dolar akan terpuruk bisa mencapai Rp. 5000-Rp.6000 per 1 USD.

IMF mengatakan akan menunda keputusannya terkait penetapan mata uang China sebagai salah satu mata uang cadangan hingga setahun ke depan.
Apa jadinya jika Yuan benar-benar akan dijadikan sebagai salah satu mata uang cadangan ( Resserve Currency ) ?


Dampak positif yang timbul apabila Yuan benar-benar menggeser dollar sebagai world reserve currency adalah
  1. Nilai USD mungkin akan turun, termasuk terhadap Rupiah, dimana itu akan berdampak negatif bagi investor/perusahaan yang menyimpan asetnya dalam mata uang USD, namun sebaliknya, akan berdampak positif bagi investor/perusahaan yang memiliki utang dalam mata uang USD.
  2. Naiknya ‘status’ Yuan akan mempermudah transaksi ekspor impor antara Tiongkok dengan Indonesia, dimana eksportir dari Indonesia tidak perlu lagi mengkonversi Rupiah ke USD (kemudian oleh importir dari Tiongkok dikonversi lagi ke Yuan), melainkan bisa langsung mengkonversinya ke Yuan, demikian sebaliknya. Saat ini Tiongkok masih merupakan mitra dagang/impor terbesar bagi Indonesia.
  3. Jika nilai USD beneran turun, maka harga-harga komoditas termasuk CPO dan batubara, yang selama ini selalu ditampilkan dalam mata uang USD, mungkin akan mulai merangkak naik.

Bagi orang-orang yang tetap mempertahankan Dollarnya ketika Yuan menjadi world reserve currency , hal tersebut akan berdampak buruk bagi usahanya dan mungkin akan mengalami kebangkrutan . Karena apabila hal itu benar terjadi , maka Nilai dolar akan terpuruk, bisa mencapai Rp. 5000-Rp.6000 per 1 USD


Tags:

No Comment to " Yuan dan Dollar "

-->